Meningkatkan kompetensi dan wawasan untuk menjadi pegawai yang kreatif dan inovatif melalui kegiatan Peningkatan Kompetensi Manajerial

Meningkatkan kompetensi dan wawasan untuk menjadi pegawai yang kreatif dan inovatif melalui kegiatan Peningkatan Kompetensi Manajerial

Layanan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) merupakan upaya dalam rangka mendukung perluasan akses dan peningkatan mutu layanan pendidikan bagi masyarakat, untuk memberikan layanan PAUD dan Dikmas kepada masyarakat dengan beragam jenis dan satuan tersebut, diperlukan dukungan pendidik dan tenaga kependidikan yang memadai, baik dari segi jumlah maupun mutunya. Pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal dan Informal (PTK- PAUD dan Dikmas) yang berperan memberikan layanan PAUD dan Dikmas bagi masyarakat di lapangan terdiri dari pamong belajar, penilik, tutor, fasilitator, tenaga lapangan dikmas (TLD), narasumber teknis, penyelenggara PKBM, Kegiatan peningkatan budaya pegawai.

Dengan kemampuan tiap-tiap invidu yang berbeda dan terbatas dalam suatu unit kerja merupakan salah satu kendala tidak dapat tercapainya hasil yang sesuai dengan target yang diinginkan, lebih jauh adalah sulitnya menyelesaikan masalah-masalah yang timbul karena perbedaan yang ada. Hal ini dikarenakan belum terjalinnya kerjasama yang sinergis diantara individu-individu yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dengan keterbatasannya masing-masing tersebut. Sementara pada kenyataannya memang masalah adanya perbedaan kemampuan dan tidak berjalan dengan optimalnya suatu tim (kerja) merupakan masalah umum yang sering terjadi dalam tubuh instansi.

Mengingat dampak yang ditimbulkan, adalah suatu langkah yang sangat tepat melakukan investasi dalam hal pengembangan Sumber Daya Manusia melalui kegiatan peningkatan budaya pegawai, dalam hal ini fokusnya pada pembentukan suatu tim kerja (build a team) yang baik diantara invidu dalam lembaga tersebut guna tercapainya tujuan perusahan secara efektif dan optimal.
Team Building merupakan program-program peningkatan budaya kerja pegawai yang intensif melalui Experiential Learning dalam rangka pembentukan suatu tim (team buiding) serta bagaimana masing-masing anggota kolompok tersebut dapat mengidentifikasikan dan selanjutnya secara sinergis berusaha maksimal mencapai tujuan yang dinginkan.

Melalui materi-materi peningkatan budaya pegawai yang diberikan, para peserta juga akan mengetahui bagaimana menyikapi perbedaan yang ada diantara individu-individu dalam kelompok tersebut, dan menjadikannya suatu kekuatan yang dapat mengoptimalkan kerja tim satu tim. Yang juga tidak kalah pentingnya adalah bagaimana memecahkan masalah-masalah yang timbul (problem solving) dalam tim dengan penyelesaian yang mengedepankan tujuan yang diinginkan.
Adapun metode experiential learning yang diterapkan dalam peningkatan budaya pegawai ini merupakan sarana yang ideal dengan guna mencapai tujuan dan mengoptimalkan metode peningkatan budaya kerja pegawai diatas, media Outdoor Activities atau yang juga dikenal dengan Outbound Training merupakan pilihan yang tepat.

Dengan konsep-konsep interaksi antara peserta dan dengan alam melalui kegiatan simulasi di alam terbuka diyakini dapat memberikan suasana yang kondusif untuk membentuk sikap, cara berpikir dan persepsi yang kreatif dan positif dari setiap peserta guna membentuk rasa kebersamaan, keterbukaan, toleransi dan kepekaan yang mendalam, yang pada harapannya akan mampu memberikan semangat, inisiatif, dan pola pemberdayaan baru dalam instansi, khususnya BP-PAUD dan Dikmas Aceh.

Komentar

Loading...