Sosialisasi Penerapan Hasil Pengembangan Model PAUD dan Dikmas di Aceh

Sosialisasi Penerapan Hasil Pengembangan Model PAUD dan Dikmas di Aceh

Aceh Besar - Kegiatan Sosialisasi Penerapan Hasil Pengembangan Model Pada BP PAUD dan Dikmas Aceh berlangsung selama 2 hari dari tanggal 17-18 Desember 2019. kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Aceh Bpk As'ari,S.Pd,M.Pd pada tanggal 17 Desember 2019.  Dalam arahannya kepala BP PAUD dan Dikmas Aceh berharap kegiatan tersebut dapat memberi motivasi bagi GTK PAUD dan Dikmas untuk memperkenalkan dan menerapkan model yang sudah diujicobakan oleh tim pengembang Pamong Belajar dan sudah divalidasi oleh Direktorat Jendral PAUD Dan Dikmas.


Kegiatan tersebut merupakan program dari Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat yang diikuti oleh kepala sekolah, pengelola PAUD, ketua PKBM, ketua LKP dan pendidiknya dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh. Salah satu Narasumber dari Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat di wakili oleh Bapak Dr. Burhan Miftah dalam paparannya beliau menyampaikan Pamong Belajar Aparat pemerintah dan abdi masyarakat (dipercayakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan rakyat), pentingnya peran pamong dalam mengembangkan model harus mampu menjawab permasalahan permasalahan dalam pembelajaran sesuai dengan kebutuhan satuan lembaga pendidikan.


Dalam Sosialisasi tersebut Tim Pengembang Model Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas Aceh memaparkan hasil model yang di ujicobakan pada lembaga satuan PAUD dan Dikmas. Ada 4 (empat) model pembelajaran yaitu :
• Pada Pokja Pendidikan Anak Usia Dini Model yang di kembangkan berjudul Pengenalan Konsep Sains, Teknologi, dan Matematika pada Anak Usia TK Menggunakan Alat Tradisional Jeungki. Yang disampaikan oleh Ita Warliani, S.Pd,M.Pd.
• Pada Pokja Pendidikan Keluarga Model yang di kembangkan berjudul Model Pelibatan Keluarga Di Sekolah Dasar disampaikan oleh Dra. Marlina.
• Pada Pokja Pendidikan Kursus dan Pelatihan Model yang di kembangkan berjudul Model Pelibatan Alumni dalam Proses Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Kursus Tata Busana di Provinsi Aceh Tahun 2019, disampaikan oleh Muhammad Fadhil, M.Pd.
• Pada Pokja Pendidikan Kesetaraan Model yang di kembangkan berjudul Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Pada Pembelajaran Modul Mata Pelajaran PPKn Paket C. Disampaikan oleh Suci Fajar Rizki, S.pd, M.pd.
Selama kegiatan berlangsung tampak peserta sangat antusias dalam menerima informasi dari para narasumber.

Seperti pernyataan Nurzaiti S.Pd ketua LKP Anggrek, sangat optimis untuk meningkatkan mutu pendidikan kursus dan pelatihan di lembaganya, setelah mengikuti sosialisasi ini. Pelibatan alumni dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk berwirausaha mandiri setelah selesai kursus, pungkasnya. (Frs)

Komentar

Loading...