TBM BP PAUD dan Dikmas Aceh : Menumbuhkan Minat Baca Anak Aceh Melalui Literacy For Kids

TBM BP PAUD dan Dikmas Aceh : Menumbuhkan Minat Baca Anak Aceh Melalui Literacy For Kids

Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Mayarakat Aceh (BP PAUD dan Dikmas Aceh) melalui Taman Bacaan Masyarakat menyelenggarakan kegiatan Literacy For Kids pertama ditahun 2020.  Acara ini dilaksanakan di Taman Baca Masyarakat (TBM) yang berada di lingkungan kantor tersebut. Lubuk, Aceh Besar. Kamis 13 Februari 2019.

Pada kegiatan Literacy For Kids ini diikuti oleh SD Lamteungoh dan SD Pertiwi Lamgarot kecamatan Ingin Jaya kabupaten Aceh Besar.

Kegiatan diawali dengan membaca bersama di TBM BP PAUD dan Dikmas Aceh, siswa diberikan kesempatan untuk memilih bacaan yang mereka sukai dan aneka permainan edukasi. Kegiatan dilanjutkan dengan nonton Bareng Film edukasi di Aula Muzakir Walad.

Koordinator TBM BP PAUD dan Dikmas Aceh, Rina Fitriana, S.Pd menjelaskan jika program Literacy For Kids ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca dan menulis bagi anak anak Aceh. Program Literacy For Kids sudah berjalan Sejak tahun 2018 dan menjadi program unggulan TBM BP PAUD dan Dikmas Aceh.

Bapak Asari, S. Pd Mpd dalam sambutannya menyampaikan bahwa tanggung jawab dalam meningkatkan minat baca dan tulis anak tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah saja,  tetapi juga menjadi prioritas pemerintah aceh  organisasi taman bacaan,  perpustakaan dan yang terpenting adalah orang tua sebagai pendidik utama di dalam keluarga.

Perkembangan taman bacaan saat ini sudah sangat baik. Program yang diterapkan tidak hanya melayani baca ditempat, pinjam buku saja,  namun setiap perpustakaan harus memiliki program pengembangan literasi yang menarik dan dikemas dengan baik. Dengan harapan kecintaan akan perpustakaan semakin meningkat dan minat baca tulis anak semakin meningkatnya, ujarnya. (frs)

Komentar

Loading...