Profil

Sekilas BP PAUD dan Dikmas Aceh

Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Aceh (BP PAUD dan Dikmas Aceh) beralamat di Jalan Teungku Cot Malem, Lubuk, Aceh Besar. Mulanya, BPKB Aceh berbentuk Pusat Latihan Pendidikan Masyarakat (PLPM) dari tahun 1968-1977, berubah menjadi Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Aceh Besar pada 1977 – 1997, hingga ditingkatkan statusnya menjadi BPKB Aceh pada 1977 yang tunduk di bawah Ditjen Diklusepora (Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Pemuda dan Olahraga) atau sekarang menjadi Ditjen PAUD-DIKMAS (Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat).

Pada tahun 2002 dilimpahkan wewenangnya dari pusat ke daerah UPTD BPKB Aceh menjadi UPTD BPKB Provinsi Naggroe Aceh Darussalam (NAD). Keputusan Gubernur No 8 Tahun 2008 tentang kedudukan, tugas, fungsi, dan kewenangan yang berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NAD.

Tahun 2009 namanya disesuaikan menjadi Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (UPTD BPKB) Aceh dengan Peraturan Gubernur No 49 tahun 2009 tentang susunan organisasi dan tata kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas pada Dinas Pendidikan Aceh Pergub No 19 tahun 2010 tanggal 30 April 2010 tentang susunan organisasi dan tata kerja UPTD pada Dinas Pendidikan Aceh.

Pada 2017 UPTD BPKB kembali berubah nama menjadi BP PAUD dan Dikmas Aceh. Perubahan ini merupakan penerapan Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang kewenangan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

Kebijakan Mutu

Mewujudkan masyarakat cerdas, terampil, dan berkarakter.